Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dinsos Dan BAZNAS Sampang Berikan Bantuan Ke Nenek Mugimah

Rabu, 31 Juli 2024 | Juli 31, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-31T14:37:31Z


Sampang
, Sergapnews.com - Rumah milik Nenek Mugimah (70) yang berada di dusun leke kondur, desa Batoporo timur, kecamatan kedungdung, kabupaten Sampang Roboh rata dengan tanah pada selasa (30/7/24) sekitar pukul 09.30 Wib akibat kondisi bangunan yang sudah tua dan lapuk. Bangunan yang telah berdiri selama puluhan tahun ini akhirnya tidak mampu menahan beban dan akhirnya roboh, menyebabkan kerusakan yang cukup parah.


Menanggapi kejadian ini, Pemerintah Kabupaten Sampang melalui Dinas Sosial (Dinsos) serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sampang bergerak cepat menyalurkan bantuan kepada Ibu Mugimah. Bantuan yang diberikan berupa kebutuhan dasar seperti Paket sembako dan uang tunai untuk membantu mencukupi kebutuhan sehari-harinya, Rabu (31/7/24).


Tak hanya itu berdasarkan pantauan awak media dilokasi selain dinsos dan baznas sampang juga terlihat ikut menyerahkan bantuan kepada ibu mugimah BPBD, Tagana, PMI, Pendamping PKH, TKSK dan pemerintah desa (pemdes) setempat ikut mendampingi. 


Selain itu dalam rangka menyambut Rapat kerja (Raker) dan Sekaligus HUT ke-3 Aliansi wartawan sampang yang di wakili oleh koordinator kecamatan kedungdung juga ikut mendampingi saat melakukan penyaluran bantuan tersebut kepada ibu mugimah.


Zainal Fatah selaku bagian perlindungan dan jaminan sosial dinsos kabupaten sampang menyampaikan kedatangan nya ini berdasarkan laporan dari para relawan bahwa ada salah satu warga rumahnya roboh.



Kedatangan nya ingin menyerahkan bantuan tanggap darurat berupa paket sembako, Zainal Fattah juga menjelaskan terkait bantuan rumah layak huni dirinya mengaku dari dinas sosial tidak ada namun pihaknya menyarankan kepada baznas dan DLH sampang.


"Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban keluarga Ibu Mugimah dan membantu mereka untuk memulai kembali," ujar.


Sementara Zaiful Bahar, staf Bidang Pendistribusian Baznas Kabupaten Sampang menyampaikan bahwa kondisi ibu mugimah ini sangatlah memprihatinkan, menurutnya tujuan nya ini sementara waktu hanya membantu tanggap darurat berupa uang tunai. 


Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya akan berupaya untuk melakukan penggumpulan dana secara online untuk membantu ibu mugimah ini. 


“Untuk bantuan rumah kami akan upayakan pengumpulan donasi secara online, semoga saja bisa,”Tandasnya. 


Masih ditempat yang sama, Pj Kades Batoporo Timur, Rohmatun Nasir mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab sampang yang sudah membantu warga yang terdampak musibah seperti ibu mugimah ini. 


“Untuk kebutuhan lain nya kami akan melakukan koordinasi dengan pemerintah desa,”Pungkasnya. 


Keprihatinan juga datang dari masyarakat setempat yang turut memberikan bantuan berupa tenaga dan dukungan moral. Insiden ini menjadi pengingat pentingnya memperhatikan kondisi bangunan tua untuk menghindari kejadian serupa di masa depan. (Ib)

×
Berita Terbaru Update